Feature Taman Mini Indonesia Indah (Jurnalistik 1)

Taman Mini Indonesia Indah adalah sebuah tempat wisata nasional yang terletak di Jakarta Timur. Diresmikan pada tanggal 20 April 1975 oleh Ibu Tien Soeharto, tempat wisata ini tidak hanya memberikan esensi hiburan semata, tetapi juga pengetahuan akan budaya yang beragam jenisnya di Indonesia ini.
Berkas:TMII Logo.svg

Berbagai replika rumah adat atau disebut juga dengan anjungan dibangun di dalam kompleks taman wisata tersebut yang jarak satu rumah adat dengan yang lainnya cukup jauh, baik dari D.I. Aceh sampai Irian Jaya, yang di dalamnya memamerkan busana tradisional, senjata daerah, alat musik, dan juga cerita kesejarahan yang menarik dari masing-masing daerah.

Berkas:TMII Bugis Makassar House.jpg
Anjungan Bugis, Sulawesi Selatan


Selain itu, terdapat juga sebuah danau berukuran sedang yang bagian tengahnya dihiasi oleh pulau-pulau kecil yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan pulau lainnya.
Berkas:Indonesia in miniature, Taman Mini Indonesia Indah.jpg
Miniatur Kepulauan Indonesia
Selain rumah adat dan miniatur pulau, terdapat juga berbagai museum, yaitu Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Asmat, Museum Telekomunikasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum IPTEK TMII, dan- lain-lain.  Tidak ketinggalan, berbagai sarana rekreasi seperti Istana Anak-anak Indonesia, kereta gantung, Desa Wisata dan lain-lain juga memberikan variasi hiburan di dalam tempat wisata yang berlimpah pengetahuan ini.

Berkas:Purna Bhakti Pertiwi Museum Facade.jpg
Museum Purna Bhakti Pertiwi

Taman Mini Indonesia Indah juga menyediakan taman-taman yang indah dan memukau di antaranya adalah Taman Burung, Taman Anggrek, dan Taman Apotek Hidup.

Berkas:TMII Bird Park.JPG
Taman Burung

Terdapat pula sebuah bioskop raksasa di dalam sebuah bangunan dengan bentuk menyerupai keong emas raksasa bernama Teater IMAX Keong Mas.

Berkas:Keong Emas.jpg
Keong Mas
Dengan mengunjungi satu persatu tempat yang ditawarkan di TMII, Anda dapat memahami betapa pentingnya mengetahui kebudayaan negara kita sendiri. Anda dapat lebih menghargai budaya nasional Indonesia dan akan lebih termotivasi untuk melestarikannya, sehingga sebuah budaya tidaklah mati begitu saja.

Comments

Popular posts from this blog

E. Teori Kewirausahaan

G. Peran Pendidikan dalam Pembentukan Kewirausahaan