Komunikasi Bisnis - Minggu ke-3: Macam-Macam Komunikasi
MACAM-MACAM KOMUNIKASI
1.
Komunikasi
Menurut Cara Penyampaian
Manusia sebagai makhluk individu sekaligus
makhluk sosial memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dengan sesama individu
lainnya. Oleh karena itu, manusia harus dapat berkomunikasi secara baik dan
benar dalam cara penyampaian pesan atau informasi sehingga lawan bicaranya
tidak mengalami salah paham atau salah pengertian. Cara penyampaian informasi
dalam berkomunikasi memiliki 3 (tiga) tipe, yaitu sebagai berikut:
a.
Komunikasi
Lisan
·
Komunikasi terjadi secara langsung dan tidak
terbatasi oleh jarak. Komunikator dan komunikan dapat bertatap muka dalam
penyampaian sebuah informasi atau pesan. Hal ini terjadi dalam sebuah dialog
antara 2 (dua) orang atau lebih.
·
Komunikasi terjadi secara langsung, namun
melalui sebuah media atau perantara, contohnya telepon.
b.
Komunikasi
Tertulis
·
Komunikasi terjadi dengan cara surat-menyurat
dan berisi pesan singkat, jelas, tetapi harus ditulis untuk maksud-maksud
tertentu.
·
Komunikasi melalui gambar dan foto karena tidak
dapat dilukiskan dengan kata-kata.
·
Penyampaian informasi dalam bentuk spanduk,
flyer, brosur atau media iklan lainnya kepada khalayak ramai atau masyarakat
luas.
2.
Komunikasi
Menurut Perilaku
Komunikasi dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) macam dilihat
menurut perilakunya, yaitu:
a.
Komunikasi
Formal
Komunikasi yang terjadi antar anggota sebuah
organisasi yang prosedurnya telah diatur dalam struktur organisasi atau
perusahaannya. Komunikasi formal terjadi pada saat rapat perusahaan,
konferensi, seminar, dan lain-lain.
b.
Komunikasi
Informal
Komunikasi yang terjadi dalam sebuah
organisasi namun tidak diatur dalam struktur organisasi dan tidak diakui secara
resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan perusahaan, seperti
desas-desus atau isu.
c.
Komunikasi
Non-Formal
Komunikasi yang terjadi antara komunikasi formal dan
informal, berhubungan tentang perusahaan dan kegiatan yang sifatnya pribadi
dalam perusahaan, contohnya rapat tentang perencanaan ulang tahun perusahaan.
3.
Komunikasi
Menurut Maksud Komunikasi
Komunikasi dapat terlaksana dengan baik bila mendapatkan
inisiatif dari komunikator. Karena itu, komunikator berperan penting dalam
berkomunikasi, apakah pesan tersampaikan dengan baik atau tidak. Maksud
dilakukannya komunikasi dibedakan menjadi 5 (lima) macam, yaitu:
a.
Pidato
b.
Ceramah
c.
Prasarana
d.
Wawancara
e.
Memberi perintah/tugas
4. Komunikasi
Menurut Ruang Lingkup
a.
Komunikasi Internal
Komunikasi yang terjadi di dalam ruang
lingkup perusahaan saja.
b.
Komunikasi Eksternal
Komunikasi terjadi antara organisasi atau
perusahaan dengan masyarakat luar.
5. Komunikasi
Menurut Aliran Informasi
a.
Komunikasi Satu Arah (Simplex)
Komunikasi yang hanya terjadi secara satu
arah saja atau one way communication.
Umumnya terjadi dalam keadaan darurat, mendesak, dan untuk menjaga kerahasiaan.
b.
Komunikasi Dua Arah (Two Ways Communication)
Terdapat komunikator dan komunikan untuk
memberi feedback atau respon dalam sebuah proses komunikasi.
c.
Komunikasi ke Atas
Komunikasi yang informasi atau pesannya
disampaikan oleh bawahan kepada atasannya.
d.
Komunikasi ke Bawah
Komunikasi yang informasi atau pesannya
disampaikan oleh atasan kepada bawahan.
e.
Komunikasi ke Samping
Komunikasi antar pihak yang kedudukannya
sejajar.
6. Komunikasi
Menurut Jaringan Kerja
Komunikasi dalam sebuah perusahaan terlaksana menurut sistem
yang diterapkan dalam jaringan kerja. Jaringan-jaringan kerja tersebut adalah:
a.
Komunikasi Jaringan Rantai
Komunikasi yang terjadi menurut jaringan
hierarchy (tingkatan) organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti
pola komunikasi formal.
b.
Komunikasi Jaringan Lingkaran
Komunikasi melalui saluran komunikasi
berbentuk seperti lingkaran, dan merupakan kebalikan dari komunikasi jaringan
rantai.
c.
Komunikasi Jaringan Bintang
Komunikasi melalui sebuah pusat dan saluran yang dilalui
lebih pendek.
7. Komunikasi
Menurut Peranan Individu
a.
Komunikasi Antar Individu
Komunikasi terlaksana baik secara non-formal
atau pun informal. Individu sebagai komunikator harus dapat mempengaruhi
individu lainnya.
b.
Komunikasi Antara Individu dengan Lingkungan
Komunikasi terjadi karena individu tersebut
memiliki kemampuan untuk mengadakan hubungan dengan lingkup masyarakat yang
lebih luas.
c.
Komunikasi Antara Individu dengan 2 (Dua)
Kelompok atau Lebih
Individu berperan sebagai perantara 2 (dua) kelompok atau
lebih, sehingga diharuskan untuk memiliki kemampuan yang tinggi untuk menjadi
penyelaras yang harmonis.
8. Komunikasi
Menurut Jumlah yang Berkomunikasi
Komunikasi dipengaruhi juga oleh jumlah individu yang
terlibat dalam proses komunikasi di samping sifat dan tujuan komunikasi itu
sendiri, maka dalam hal ini komunikasi dibedakan menjadi beberapa hal berikut:
a.
Komunikasi Perseorangan
Terjadi secara antar individu yang
memperbincangkan masalah pribadi. Komunikasi ini dapat terlaksana secara langsung
atau pun melalui sebuah media komunikasi, namun tetap terjadi secara
perseorangan.
b.
Komunikasi Kelompok
Komunikasi terjadi dalam suata kelompok
tentang hal-hal mengenai kepentingan kelompok tersebut.
Sumber:
Comments
Post a Comment